Google+ 8 Cara Alami Menjaga Tubuh Tetap Sehat

8 Cara Alami Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Monday, January 21st 2013. | Artikel Tentang Kesehatan
Share Button

 1. Minum air putih

Tubuh manusia 50-75% terdiri dari air.Aktifitas yang tinggi membuat tubuh kekurangan cairan.

Air memperbaiki hal ini, menjadikan tubuh bisa bekerja dengann semestinya. Air,  bagaimanapun tetap yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi konsumsilah air bukan yang lain. Minuman soda tanpa gula, jus buah dengan gula, teh manis, minuman energy  tidak termasuk dalam hitungan air yang dibutuhkan oleh tubuh. Air murni  membuat tubuh terasa segar dan sehat.

Mulailah setiap hari dengan segelas air dan perasan jeruk lemon. Lemon yang dicampur dalam air membuat liver menjadi sehat untuk menyaring racun dari makanan yang kita makan setiap hari.

Ya, air memang tidak enak, tidak se enak softdrink, tetapi air dengan rasa tawar adalah yang terbaik bagi tubuh. Jika anda tidak suka air, bisa dicampur dengan teh (tanpa gula). Teh bisa menggunakan teh hitam atau teh hijau.

 

 2. Makan Bergizi

Makan  bergizi  sangat diperlukan oleh tubuh. Mulailah membiasakan diri dengan makanan yang “bersih” (tanpa pengawet, menjauhi gula dan garam, tanpa penguat rasa), buah dan sayur, nasi secukupnya. Pada saat anda sudah terbiasa dengan makan makanan yang bergizi ini (tidak selalu enak di lidah), tubuh anda akan terbiasa dan merasa mempunyai power dan energi yang lain. Pada saat tubuh anda sudah terbiasa, anda akan bisa memandang makanan dari sudut pandang lain. Anda akan melihatnya dari sudut pandang sehat/tidak, bukan dari sudut pandang enak/tidak. Sehingga secara berlahan sel tubuh akan menyesuaikan dan akan ada perubahan dalam tubuh anda. Kulit menjadi semakin halus, kerut diwajah tidak terlalu nampak, berat badan tubuh akan berkurang dan langsing. Dengan merubah cara pandang anda terhadap makanan, kualitas kehidupan anda akan semakin baik.

 

3. Olahraga

Banyak yang terjadi pada saat anda olahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorphins yang membuat anda merasa enjoy dan termotivasi untuk makan makanan yang sehat. Dengan olahraga massa otot akan meningkat yang berarti akan membakar kalori lebih banyak. Sehingga proses metablisme anda lebih cepat.  Istirahat jeda antara latihan satu dan latihan berikutnya juga penting untuk mempertahankan kecepatan metabolisme anda.

 

4. Memanjakan Diri

Dengan banyaknya kebutuhan hidup, membuat kita menjadi workoholic yang membuat tubuh penat baik jasmani dan pikiran. Berilah penghargaan diri kita atas apa yang telah kita lakukan.Ide untuk senang tidak harus mahal. Seperti manicure, pijat, mandi aroma terapi, jalan-jalan di mall atau apapun yang membuat kita bisa melepaskan penat dan stress.

 

5. Sex

Apakah ada hubungan antara rendahnya libido dengan berat bedan?  YA. Sex bisa membuat turun berat badan !  Untuk anda yang sudah suami istri, Sex membakar kalori lebih banyak. Selain itu pada saat sex, pria atau wanita akan mengeluarkan hormon oxytocin yang bereaksi seperti antioxidant yang membuat otak untuk lebih memilih makanan yang lebih sehat. Dengan sex yang sehat, makanan yang sehat dan gaya hidup yang sehat pula, kualitas hidup menjadi lebih baik

 

6. Tidur

Riset membuktikan bahwa istirahat yang cukup membuat sehat baik berat badan maupun organ tubuh.Dengan istirahat yang cukup, maka mempunyai waktu yang cukup untuk berpikir memilih makanan sehat yang akan anda konsumsi, olahraga yang akan lakukan, bahkan pilihan berjalan kaki ke kantor (bila kantor tidak jauh dari rumah). Istirahat cukup membuat tubuh cukup energi untuk beraktifitas.

Sedangkan kurang tidur membuat daya tahan tubuh menurun, rasa meriang, yang pada akhirnya membuat anda makan kebih banyak dan pilihan anda untuk memilih makanan lebih banyak ke porsi makan bukan kualitas makan.

Kurang tidur membuat hormon kortisol – hormon stress meningkat.

Jadi istirahat yang cukup sangat membantu anda untuk mengelola kehidupan anda lebih baik.

 

 7.Kurangi Stress

Strees mengindikasikan hormon kortisol anda meningkat, hormon ini akan memecah karbohidrat dan menyimpannya sebagai lemak di perut. Bahkan jika anda hanya makan sedikit, anda akan naik berat badan, karena seberapa sedikitpun anda makan, lemak akan disimpan di perut bukan dibakar.

Sehingga bila kita lihat kebiasaan orang-orang disekitar kita, bila stress mereka malah makan lebih banyak.

Sedikit makan saja lemak akan disimpan diperut, apalagi bila makan banyak. Oleh karena itu banyak orang – orang yang secara financial berkelebiihan tetapi perut menjadi buncit. Hal ini karena stress dalam pekerjaan yang ditambahi dengan beban kurang tidur dan kurang olahraga. Maka lengkaplah sudah syarat – syarat yang dibutuhkan untuk menjadi buncit.

Oleh karena itu berilah diri sendiri penghargaan untuk melepaskan stress ini. Hal yang dilakukan harus positif dan sehat, seperti jalan-jalan dengan keluarga, menikmati waktu bersama keluarga dll.

 

8.Lingkungan

Lingkungan disekitar kita menekan kita baik kesehatan secara fisik dan mental. Banyak hal di sekitar kita yang membuat kita stress dan tidak bisa kita kontrol. Seperti suara kendaraan, asap knalpot, suara orang yang membuat bangunnan atau jalan. Tapi ada beberapa hal yang bisa kita kontrol dan memberi kita ruang untuk tidak sehat.

Misalnya, kita stress dengan suara TV, kita bisa mematikannya. Minum air yang banyak, ganti kopi dengan green tea. Dengarkan  music yang anda sukai dari Handphone atau ipod anda. Atau melihat Film terbaru di bioskop kesayangan anda. Dengan memanfaatkan lingkungan dan mengambil sisi positifnya, kehidupan kita jauh lebih sehat.

 

Shake Herbalife Penuh dengan Nutrisi, Anda akan Lupa kapan terakhir kali anda sakit

Shake Herbalife Penuh dengan Nutrisi, Anda akan Lupa kapan terakhir kali anda sakit

 

 

tags: ,