Google+ MANFAAT TEH - SEJARAHNYA DI INDONESIA | TEH THERMOJETICS & NRG TEA

Manfaat Teh

Friday, September 13th 2013. | Artikel Tentang Kesehatan
Share Button

MANFAAT TEH

manfaat teh

Macam Teh dari berbagai macam proses oksidasi

Anda, suatu saat pasti pernah bersyukur telah terselamatkan oleh secangkir teh. Teguk demi teguk bisa jadi pemompa semangat di pagi hari; juga secangkir teh pu’erh penyeimbang, peluruh lemak sehabis sajian chinese food yang berlemak nan lezat. Atau seduhan teh yang dicampur bunga cammomile, bisa membantu Anda terlelap di ujung hari. Atau bahkan sekadar segelas besar teh lemon dingin di hari yang panas sebagai penyejuk kerongkongan Anda.

Teh memang minuman sensasional. Sejarah terlawas mencatat, teh sudah diseduh sejak 3000 tahun lalu di Cina, namun kini sangat akrab di kerongkongan segala bangsa. Popularitasnya hanya kalah satu peringkat di bawah air putih.

Maka lumrah rasanya bila budaya minum teh kemudian ditemukan pada berbagai bangsa di Timur, seperti India, Cina, Jepang, dan Indonesia. Negeri para raja di Eropa seperti Inggris dan Belanda juga memiliki tradisi minum teh yang tak kalah unik. Tak ada minuman lain selain teh, yang memiliki kedudukan sangat terhormat di peradaban setiap bangsa.

TEH DI INDONESIA

Tanaman teh di Indonesia pertama kali dibawa oleh Andreas Cleyer hanya sebagai tanaman hias pada tahun 1686.

Dua macam pohon teh yang dibudidayakan di Indonesia adalah Camelia sinensis assamica dan Camelia sinensis sinensis.

Kebun teh pertama di Indonesia dibuka di daerah Wanayasa tahun 1827 oleh Jacobus Isidorus Loudewijk Levian Jacobson. Inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya perkebunan teh

Penanaman teh dilakukan secara besar-besaran pada zaman Van Den Bosch dengan sistem tanam paksa. Dua ratus peti teh asal Indonesia mulai diikutsertakan pada pelelangan teh di Belanda tahun 1835.

Dua jenis melati yang digunakan untuk membuat teh wangi asal Indonesia adalah Jasminum sambac dan Jasminum officinale. Teh wangi bisa diminum dengan tambahan gula yang dikenal dengan nasgithel atau panas, legi (manis) dan kenthel (kental).

MANFAAT TEH SEHARI-HARI

2-3 cangkir sehari adalah jumlah teh yang sebaiknya anda konsumsi, diimbangi dengan mengkonsumsi air putih, dan memperhatikan kondisi fisik dan kesehatan

Penelitian menunjukkan bahwa white tea adalah teh kaya akan antioksidan yang memiliki kekuatan luar biasa untuk mencegah murasi sel kanker pada stadium awal.

Cara mencicipi teh yang benar adalah menyeruputnya, lalu membiarkan sementara didalam mulut sampai aroma dan rasanya menyebar ke seluruh lidah.Cobalah resapi rasa teh yang direguk, kental, legit atau segar.

TEH SEBAGAI TEMAN NGOBROL

Di manapun diseduhnya, disuguhkan dengan camilan apapun, teh memang selalu mampu jadi teman gaul yang seru. Kandungan kafein dalam teh – juga disebut theine terbukti memang dapat merangsang pusat susunan syaraf untuk bekerja meningkatkan kewaspadaan. Efeknya, tubuh terasa segar dan bersemangat, termasuk saat bersosialisasi dengan teman.

Dalam buku The New Tea Companion Jane Pettigrew menceritakan tentang kedai-kedai teh tradisional di berbagai pelosok Cina yang hingga kini masih menjadi tempat hangout favorit untuk bersosialisasi. Di chaguan (begitu kedai teh disebut) berbagai perbincangan seru, dari gosip rumah tangga hingga skandal politik, mengalir di sela cangkir demi cangkir teh yang direguk.

Orang Jepang menikmati teh matcha dengan ritual sosial khusus bernama Chanoyu. Keahlian menyeduh teh hingga kini masih menjadi simbol gengsi bagi wanita Jepang yang berpendidikan tinggi.

Dalam masyarakat Jawa malah dikenal petugas khusus yang bertugas menyeduh dan menyuguhkan teh di hajatan besar. Jayeng, tugasnya khusus menyeduh teh. Sedangkan Sinoman menyuguhkannya dengan nampan.

Minum teh, juga penting artinya bagi masyarakat Inggris. Buktinya, tradisi afternoon tea lahir di sana, dipopulerkan oleh Anna Maria Russel (Duchess of Bedford), sahabat Ratu Victoria. Di Inggris pulalah tercipta berbagai racikan teh yang kini bisa kita temukan dalam berbagai istilah mendunia, seperti english breakfast dan earl grey.

MENGAPA TEH BEGITU DIGEMARI ?

Alasannya sungguh beragam. Sebagai minuman, teh yang dihasilkan dari tumbuhan Camellia sinensis memang memiliki citarasa yang berbeda-beda tergantung dari cara pengolahannya.

White tea, yellow tea, green tea, blue tea, black tea, matured tea (Pu-Erh) dan compressed tea, semuanya dihasilkan dari pohon yang sama. Namun mereka mengalami proses oksidasi yang berbeda sehingga rasanya pun berbeda.
Selain proses oksidasi, kini Anda juga dapat menikmati berbagai jenis teh yang diracik dengan campuran teh dan perasa (tea blend). Ada yang dicampur dengan buah seperti lemon, stroberi dan mangga. Ada pula yang dicampur dengan bunga seperti melati dan lavender.

Teh bahkan dijadikan campuran berbagai makanan, semisal es krim dan muffin.
Teh makin disayang karena kandungan antioksidannya yang telah dibuktikan berbagai penelitian dapat mencegah berbagai penyakit termasuk kanker. Flavonoid, menurut penelitian di School of Nutrition Tokushima University, University of Maryland Medical Center dan The University of Washington terbukti bermanfaat mencegah penuaan dini dan melindungi sistem syaraf.
Penelitian di OSU Linus Pauling Institute juga menunjukkan manfaat antioksidan dalam teh untuk mencegah penyakit jantung, kanker, karang gigi, dan juga membantu menurunkan berat badan.

Sementara Milton Schiffenbauer, Ph.D professor mikrobiologi di Pace University mengatakan, teh dapat menghancurkan lebih dari delapan puluh persen virus dalam tempo sepuluh menit saja. Favorit Milton adalah white tea, yang is juluki sebagai kryptonite untuk menghancurkan virus dan bakteri.

TEH UNTUK DIET

Wow ternyata teh banyak manfaatnya ya. Selain itu Teh ada juga yang membantu membakar lemak dan meningkatkan konsentrasi dan pernapasan selama diet.

1. Teh Herbal Concentrate atau biasa disebut Thermojetics

  • Sering disebut “Aerobik Dalam Botol”.
  • Menimbulkan efek panas/thermogenesis dalam tubuh, lalu membakar kalori dan kelebihan lemak menjadi energi.
  • Thermojetics ini fungsinya sangat erat dengan Cell-U-Loss. Bersama-sama membakar asam lemak dalam pembuluh darah menjadi energi.
  • Tubuh menjadi segar, tidak loyo, dan bertenaga sepanjang hari.
  • Sangat baik untuk orang yang malas berolahraga. Tapi kalau Anda makan Herbalife disertai olahraga, hasil yang Anda capai 40% lebih cepat.
  • Membantu mengurangi kecanduan minum teh dan kopi – Ganti dengan Teh Thermo Hangat untuk menjauhkan anda dengan kopi, terutama saat diet turun berat badan.

2. NRG Instan Tea

  • Terbuat dari daun teh Guarana-Brazil, yang biasanya dikunyah oleh suku Indian Amazon untuk mendapat energi dan semangat.
  • Membantu meningkatkan stamina yang optimal.
  • Meningkatkan daya pikir dan konsentarsi.
  • Meningkatkan kewaspadaan mental dan keseimbangan emosi.
  • Memperbaiki masalah yang timbul di kepala seperti pusing dan migran.
  • Memperbaiki sistem pernafasan seperti Asthma.
  • Memperbaiki masalah alergi.
  • Sangat baik untuk orang yang gemar berolah raga.

Demikianlah sebagian kecil manfaat teh yang bisa kita dapat sehari-hari. Stamina dan Energi OK, dengan minum teh yang paling tepat untuk anda.

tags: , , , , , , ,