Google+ Analisa Cara Turun Berat Badan 1 Kg Sampai 2 kg Per Hari. Mungkinkah ?

Analisa Cara Turun Berat Badan 1 Kg Sampai 2 kg Per Hari Dengan Diet Alami – Mungkinkah ?

Tuesday, February 26th 2013. | Cara Diet dan Cara Langsing
Share Button

Di google banyak yang mencari cara untuk turun berat badan secepat – cepatnya tanpa memperhitungkan efek medis dan kesehatan dalam jangka panjang. Dan ini lebih banyak malapetakanya daripada sehatnya.

Berikut analisanya :

Turun Berat badan dipengaruhi selain hormon dalam tubuh juga oleh pembatasan kalori yang anda makan. Turun berat badan 0,5 kg sebanding dengan  defisit 3500 kalori.

Jika anda wanita, dan konsumsi 2000 kalori per hari, maka dalam waktu seminggu anda mengkonsumsi 7×2000 kalori = 14.000 kalori.

Jika anda ingin turun berat badan 1 kg dalam sehari, anda harus defisit / mengurangi kalori sebanyak 7000 kalori/hari. Sedangkan anda hanya makan 2000 kalori / hari.

Jadi HASILNYA adalah TIDAK MUNGKIN bisa turun 1 kg dalam sehari (cara alami – bukan sedot lemak) => Turun 1 kg Lemak BUKAN kadar air. Anda bisa turun 1 kg diawal diet tapi TIDAK terus-terusan per hari !

Bagaimana jika saya tidak makan sama sekali ?

Mari kita analisa : 

Jika tidak makan sama sekali dan hanya minum air putih, diasumsikan anda defisit 2000 kalori. Berapa kg yang anda dapat?

3500 kalori = turun berat badan 0.5 kg

2000 kalori =  turun berat badan (2000 : 3500) x 0.5 = 0.28 kg

Bila  anda sanggup tidak makan sama sekali selama 2 hari anda hanya kehilangan 0,56 kg dari berat tubuh anda.

Bila  anda lanjutkan diet model ini , hari ke-3 anda akan masuk UGD karena kekurangan glukosa dan di infus  Rawat inap di RS selama 2-3 hari bisa digunakan untuk CARA DIET YANG BENAR, jika anda TAHU INFORMASI yang benar.

Angka diatas tentu tidak bisa 100% tepat. Tetapi turun berat badan 0.5 kg = defisit 3500 kalori adalah BENAR.

Jadi bagaimana saya harus turun berat badan yang sehat ?

Jangan berharap banyak untuk turun 1 kg/hari kecuali anda sedot lemak. Kalau ingin diet sehat dan ingin HASIL turun berat badan tahan lama, ya harus diet secara alami, tapi dengan cara yang benar.

Kita ambil contoh  : Misal nya anda wanita ingin menurunkan 10 kg berat badan. 

Analisanya : 

Turun berat badan 0.5 kg butuh defisit 3500 kalori. Bila ingin turun berat badan 1 kg berarti anda  harus defisit 7000 kalori, bila ingin turun berat badan 10 kg berarti anda harus defisit (7000×10 = 70.000 kalori total). Dengan kata lain Anda harus membakar 70.000 kalori dari lemak anda, bisa dengan membatasi makanan / kalori atau dengan olahraga extreem.

Berapa bulan waktu yang dibutuhkan ?

Tergantung dari anda dan kerja keras anda. Jika anda ingin turun berat badan 10 kg dalam waktu 3 bulan (90 hari) berarti :

Anda harus mengurangi porsi makan  sebesar (70.000 kalori : 90 hari = 777,7 kalori/hari). Jika setiap hari anda makan 2000 kalori/hari, maka sekarang anda harus membatasi makan menjadi 2000-777 = 1223 sehari atau dibulatkan dalam 1200 kalori per hari.Angka kalori diet ini masih sehat. Angka 1200 kalori adalah batas sehat anda untuk diet pada wanita, dan 1500 kalori pada pria.

Tetapi harus diingat juga, turun berat badan TIDAK BERLAKU KELIPATAN, maksudnya jika bulan ini anda turun 5 kg, bulan berikutnya belum tentu  bisa turun 5 kg. Tubuh manusia mempunyai keunikan sendiri – sendiri. Ada yang turun berat badan cepat diawal tetapi berhenti ditengah jalan, terus turun kembali di bulan berikutnya, ada pula yang tidak turun sama sekali di awal bulan, tetapi turun cepat di bulan berikutnya.

Jadi hiitungan diatas adalah analisa dan perhitungan secara umum, untuk menentukan seberapa mampu anda berjuang untuk turun berat badan. Jika sudah tahu angkanya anda bisa mengukur waktu dan kerja kerasnya.

Kalau ingin cepat – turun berat badan ya harus kerja keras. Kalau pengen nyantai, turun berat badan akan melambat. Hal ini juga banyak dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya umur, pemakaian alat kontrasepsi , serta malas dan tidaknya anda olahraga.

Harap diingat juga, saat anda memotong 777 kalori dari menu harian anda, tubuh anda butuh penyesuaian karena itu rasa meriang, rasa seperi mau flu, dan berbagai keluhan akan menghadang anda. Untuk itu 1200 kalori yang anda punya harus benar-benar berisi Nutrisi Yang Sehat (Disinilah diperlukan Shake Herbalife – kalori kecil tapi kandungan nutrisinya besar).

1200 Kalori yang anda punya harus benar-benar dari makanan yang sehat dan bergizi, supaya anda tidak sakit bahkan ambruk karena lemas. Tapi setelah anda terbiasa dengan 1200 kalori, tubuh akan menyesuaikan, dan biasanya tidak terlalu lemas.

KONSEKUENSI 

Konsekuensi dari diet dengan turun berat badan sangat cepat justru tidak ada manfaatnya. Jika anda sudah turun berat badan 10 kg, tentunya ingin mempertahankan “kadar kelangsingan” anda bukan ?

Bagaimana caranya supaya bisa awet turun bbnya?

Jawabnya sederhana = pola makan sehat dan gaya hidup sehat.

Turun berat badan cepat tidak akan bisa melatih anda untuk bisa disiplin dalam menjaga pola makan tetap sehat. Disinilah bencananya. Berat badan anda akan kembali ke sedia kala bahkan lebih gemuk.

Turun berat badan yang cepat membuat anda terpaku pada “ANGKA HASIL” bukan pada PROSESnya. padahal yang penting adalah PROSESNYA. Dengan menikmati prosesnya, turun berat badan adalah bonus dan itu tidak perlu anda perjuangankan sedemikian capek. Diet yang berorientasi pada angka hasil akan sangat menguras pikiran dan semangat. Anda akan cepat merasa letih dan putus asa. Padahal hormon stress (kortisol) justru akan semakin memperlambat turun berat badan anda.

Jadi yang benar adalah nikmati prosesnya untuk makan sehat dan gaya hidup sehat, Proses turun berat badan anda tidak akan terlalu anda risaukan, tapi PASTI terjadi.

Nikmatnya diet tanpa merasa sangat lapar adalah turun 1/2 kg dalam seminggu (Hilangkan 500 kalori perhari dari menu anda). Jadi Turun berat badan 1 kg bahkan 2 kg dalam sehari adalah tidak mungkin, karena Sehari tanpa makanpun berat badan tidak akan berkurang 1 kg.