Google+ Cara Menjaga Motivasi Untuk Langsing Turun Berat Badan

Cara Menjaga Motivasi Untuk Langsing Turun Berat Badan

Thursday, January 31st 2013. | Cara Diet dan Cara Langsing
Share Button

Berikut adalah beberapa motivasi yang menjaga api semangat anda untuk langsing selalu menyala :

Jangan Berusaha Terlalu Keras

 

Jangan Diet Terlalu Keras

 

Motivasi bukan sesuatu yang harus anda jaga untuk selalu dalam keadaan “full”, tetapi jaga jangan sampai “habis”. Jangan tergesa-gesa dan berharap terlalu cepat untuk langsing. Harapan yang terlalu cepat dan terlalu tinggi membuat anda “capek” untuk memotivasi diri, sehingga semangat anda hanya diawal-awal diet. Di minggu ke-3 keatas semangat itu semakin lama – semakin hilang.

Semakin anda berusaha keras untuk langsing, semakin cepat bosanlah anda.

Motivasi adalah sesuatu yang alami dan mempunyai  ritme. Jangan sampai ritme ini kencang diawal tetapi loyo dibelakang. Ritme ini hendaklah dijaga tidak terlalu kencang dan juga tidak loyo. Sehingga selama diet , anda akan merasa menikmati proses diet dengan motivasi yang stabil.

Diet bukan sesuatu yang bisa cepat didapat, jika anda nikmati prosesnya anda tidak akan merasakan bahwa anda sedang diet. Diet sehat itu merubah sesuatu yang paling mendasar dari gaya hidup kita, dan ini dilakukan seumur hidup kita jika kita ingin sehat terus. Dan merubah diri sendiri adalah sesuatu yang sangat sulit, harus pelan dan mengikuti ritmenya. Ada kalanya kita stress dan kita makan, ada kalanya kita sadar dan memilih untuk makan yang lebih sehat.

Biarlah motivasi ini berjalan apa adanya, jangan paksa merubah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan menjadi hal yang lain dengan extrem, tidak akan berhasil. Bila anda terbiasa ngemil gorengan, jangan dipaksa untuk berhenti total. Biarkan waktu dan motivasi mengikuti ritmenya. Secara pelan, tubuh dan otak akan terhubung bahwa ngemil gorengan itu tidak sehat, tetapi ngemil buah dan sayur itu lebih sehat.

 

Harus bisa membayangkan

 

Diet Harus bisa membayangkan tujuan akhir dan akibat jika gagal

 

Otak manusia itu hebat, jika anda bisa membayangkan sedemikian riil nya , maka otak dan tubuh akan sinkron dan akan mencapai tujuan itu. Anda hanya perlu berkhayal dan membayangkan :

# Apa yang terjadi jika saya diet dengan benar selama 6 bulan dari sekarang?

# Cantik kah saya atau seperti apa saya jika saya langsing dalam 6 bulan ke depan?

# Apakah celana jeans saya 5 tahun yang lalu bisa saya pakai lagi ?

# Alangkah senangnya bila migrain, maag dan kolesterol saya normal semua, dan itu hanya butuh 6 bulan  dari seumur hidup saya ?

# Apakah Layak bila dari seumur hidup saya (anggaplah 60 tahun) dan saya hanya diet selama 6 bulan dan menikmati bonus sehat selama sisa umur saya?

Jika anda benar-benar bisa membayangkan, maka akan terbentuk niat dan action yang luar biasa.

Jika bayangan indah bisa anda bayangkan, sekarang bayangkan sebaliknya :

Apa yang anda lakukan jika anda tidak diet / gagal diet / malas diet selama 6 bulan kedepan?

Apakah anda tidak menyesal, diberi umur Sekian Tahun tetapi Hanya 6 bulan saja untuk berjuang untuk sehat bahkan buat anda sendiri, tapi anda tidak mau?

Jika anda sakit karena obesitas, berapa biaya yang harus dikeluarkan dibandingkan dengan biaya yang digunakan untuk sehat ?

 

Pasang Foto Bintang Pujaanmu

 

Model Langsing www.dietrendahkalori.com

 

Pasang di kamar, foto super model atau bintang film yang mempunyai tubuh sangat bagus. Tatap setiap hari. Penelitian menunjukkan, bahwa melihat gambar yang terkadang tidak realistis (Foto Super model) setiap hari , akan membuat gambat tersebut melekat di otak. Yang akan membuat pembatasan makan dan kalori secara alami. Foto model akan menginspirasi dengan membandingkan secara tidak sadar antara diri sendiri dan foto.

 

Fokus pada Proses Diet bukan Hasil Diet

 

Fokus pada Proses Diet bukan Hasil Diet

 

Jika anda selama diet hanya terpaku pada angka timbangan yang anda inginkan. Bukannya anda langsing, yang terjadi adalah anda stress bahkan anda menghentikan diet anda di tengah jalan. Tidak ada kata gagal dalam diet yang ada hanya anda menyerah sebelum waktunya.

Jangan fokus pada meraih angka di timbangan. Fokus pada apa yang anda rasakan selama proses diet. Nikmati pada saat anda merasa lapar, bahkan amat sangat lapar. Nikmati juga apa yang anda rasakan saat olahraga. Ingat diet alami adalah proses, bukan kejar tayang. Jika anda menikmati selama olahraga, anda akan menikmati enaknya olahraga, dan anda akan terkejut saat timbang badan, bahwa berat badan anda telah turun begitu banyaknya.

Fokus juga pada perjuangan selama diet. Diet alami so pasti butuh perjuangan. Dengan berjuang anda akan melewati fase – fase turun berat badan, dari turun Cuma 1 kg sampai turun 10 kg, bahkan tidak turun sama sekali. Nikmati proses ini supaya anda nantinya bisa menolong yang lain dan memberi testimoni yang benar tentang diet turun berat badan.

 

Rencanakan Diet anda seperti Bisnis

 

Rencanakan Diet seperti Bisnis

 

Dalam bisnis selalu ada target “masuk akal” dan direview setiap beberapa waktu. Dalam diet juga harus anda perlakukan seperti bisnis. Rencana disini misalnya, dalam 1 bulan saya harus turun 4 kg, tetapi dalam prosesnya anda harus menikmati prosesnya (termasuk menikmati olahraga, bahkan menikmati menu yang terkadang tidak enak tetapi sehat). Dengan adanya target anda akan berusakah maximal untuk kearah itu. Otak jika diberi tujuan spesifik, makan otak akan mencari dengan maximal. Bila setelah 1 bulan anda hanya turun ½ kg, tidak masalah karena anda sudah berusaha secara maximal, jika anda tidak usaha bayangkan anda bahkan tidak turun bahkan nambah bukan !

Jika tidak maximal turun berat badan, anda harus mereview kembali, kira-kira apa yang salah dalam diet anda. Jika ternyata dalam review anda, anda tidak ngemil tetapi banyak minum manis, berarti untuk 1 bulan ke depan, minuman manis anda kurangi, demikian seterusnya.

Setiap orang tidak bisa sama aturan untuk apa yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan. Ada yang bisa makan nasi sedikit, ada pula yang harus makan nasi banyak. Jika anda makan nasi banyak, berarti kalori dari makanan lain harus anda batasi kalorinya. Jadi setiap orang harus mencari sendiri ritme yang tepat untuk tubuhnya, yang penting kalori harian terpenuhi dan tidak berlebih.

Dengan trial and error anda akan menemukan ritme tubuh yang tepat, informasi tips dari internet tidak semua bisa sesuai dengan tubuh anda. Anda harus coba satu-per  satu, mana yang paling efektif. Jika terbukti efektif, bisa anda masukkan dalam Master Plan Diet anda. Jika anda berhasil turun berat badan, maka anda akan punya pengalaman dan seabrek tips dan trik. Tetapi itu juga belum tentu cocok untuk orang yang nantinya akan anda “coach”.

 

Beri Hadiah Tubuhmu

 

Spa Day - Hadiah untuk sukses turun berat badan anda

 

Jika target dan jerih payah anda untuk langsing sesuai target, beri hadiah tubuh anda dengan sesuatu yang relax dan menyenangkan. Seperti mandi rempah seharian , spa day atau manicure pedicure atau hanya sekedar jalan-jalan di Mall … seharian!  Intinya senangkan hati anda pada hari itu.

Pada hari itu lepaskan semua beban di kepala, nikmati hidup sehat anda (bukan hidup tidak sehat). Jika anda sudah pada level turun berat badan (diet alami), anda akan sangat menghargai kebersihan, kesehatan dan kebahagiaan.
Karena pada titik ini, anda akan merasakan :

  • hidup yang bersih (karena apa yang anda makan akan sangat selektif),
  • hidup yang lebih sehat dari sebelumnya ( turun berat berat badan 2,5 kg saja membuat badan terasa ringan sekali,  apalagi bila bisa turun diatas 10 kg … WOW) ,
  • dan merasa sangat bahagia (karena kesehatan adalah berkah yang sangat tidak ternilai harganya)

 

Gunakan Cermin Sebagai Motivasi

 

Gunakan Cermin Sebagai Motivasi

 

Jika anda rok atau blouse masa lalu saat anda langsing, masih ingin anda pakai (sekarang sudah gemuk). Letakkan di dekat cermin. Sering-seringlah mencoba. Jika masih belum cukup, berarti perjuangan anda kurang. Ayo diet lagi, biar cantik seperti dulu ^_^

 

Adakan Kompetisi

 

Adakan Kompetisi Untuk Pemberi Semangat pada diet turun berat badan

 

Adakan kompetisi, kalau bisa antar kelompok. Buat suatu hadiah yang bagus untuk pemenang, bisa traktir atau tiket jalan-jalan. Penelitian menunjukkan, turun berat badan terjadi lebih berhasil bila diadakan kompetisi. Dan pemimpin kelompok menunjukkan turun berat badan yang paling banyak dibanding dengan anggota kelompoknya.

 

Tentukan apa sebenarnya Tujuan anda untuk Langsing

 

Tentukan Tujuan Sebenarnya anda ingin Langsing

 

Motivasi yang tidak pernah padam di gerakkan oleh sesuatu yang sangat besar, bisa berupa keluarga, teman, anak maupun lingkungan.

Jika motivasi adalah keluarga, lakukan kegiatan yang sehat bersama keluarga untuk tujuan anda dan keluarga menjadi langsing dan sehat. Mulai dari pemilihan makanan yang sehat, pengolahan makanan yang benar dan sehat, memasak dengan melibatkan anggota keluarga (suami dan anak) supaya seluruh keluarga menjadi sehat, bahkan ketika anda sudah tua.

 

Tidak Perlu Timbang badan Terlalu Sering

 

Ingin Sukses Turun Berat Badan - Jangan Sering-sering Timbang

 

Saat ini diantara  anda yang sedang diet diet , pasti banyak yang mengalami hal-hal berikut  :

  • sehari bisa sampai 3 sampai dengan 7 kali timbang badan
  • terpaku pada angka tujuan turun berat badan. Misalnya dari 80 kg ke 60 kg, anda pasti terpaku pada angka 60
  • anda stress kenapa tidak turun – turun
  • motivasi anda hebat di hari – hari awal diet dan mulai luntur di minggu ke-2 dan hilang di 3 minggu pertama
  • anda semakin capek dan pikiran lebih capek karena berat badan tidak turun – turun
  • anda capek dan stress, bahkan sampai terbawa mimpi
  • stress anda semakin menjadi dan mulai melanggar aturan diet
  • beberapa hari kemudian anda TOTAL BERHENTI DIET

Inilah yang terjadi pada sebagian besar dari kita. Sekali lagi diet jangan dijadikan beban. Kalori dibatasi tiap hari PASTI berat badan turun. Masalahnya setiap orang metabolismenya berbeda. Ada yang cepat ( turun berat badan cepat ), ada yang lambat ( turun berat badan lambat). Jika anda type lambat tidak mengapa, kalori yang dibatasi selama diet tinggal menunggu waktu untuk turun berat badan.

Ada yang lambat sekali diawal diet, tapi cepat sekali turun di bulan – bulan akhir diet. Ada yang cepat turun diawal, tapi lambat di akhir. Kita tidak bisa menentukan cepat dan lambat nya turun berat badan, karena ini adalah masalah tubuh dan hormonal.

Faktor yang bisa dikontrol adalah membatasi kalori yang masuk tubuh, tetapi tubuh tidak kekurangan nutrisi. Kalori yang terkontrol lama kelamaan pasti membuat tubuh langsing dan singset (kulit tidak kendor).

Langsing dengan cara alami akan membuat elastisitas kulit menyesuaikan dengan lemak yang terbakar. Berbeda dengan sedot lemak. Kulit akan kendor bahkan membutuhkan operasi jika lemak yang diambil sangat banyak.

Timbang badan hanya boleh dilakukan 2 minggu sekali atau bahkan 1 bulan sekali. Pada kenyataannya, yang melakukan timbang badan setiap 30 hari , berat badannya turun lebih banyak dibanding dengan yang sering melakukan timbang badan.

 

Lawan Diri Sendiri

 

Lawan Diri Sendiri

 

Saat berat badan sulit turun, seolah – olah ada suara “ percuma diet mati-matian, toh berat badan gak turun – turun. Makan saja nikmati hidup, Cuma sekali kenapa dibuat susah ?”

Suara ini sangat membuat kita bingung. Mau lanjut diet kok sepertinya tidak berguna, mau kembali ke kebiasaan lama tapi kok sudah capek diet, sayang kalau tidak dilanjutkan.

Kritik pribadi justru seringkali membuat kita gagal diet. Suara ini membuat hormon cortisol (hormon stress) dikeluarkan oleh tubuh. Hormon ini membuat makanan tidak dibakar menjadi energi tetapi disimpan dalam bentuk lemak di tubuh. Itulah sebabnya pada orang yang gagal diet (sebagian besar karena stress berat badan tidak turun-turun) justru menjadi lebih gemuk dari sebelumnya.

 

Hidup di Lingkungan yang Sehat

 

Hidup di Lingkungan yang Sehat

 

Diet untuk langsing memang butuh pengorbanan dan merubah gaya hidup (Tapi jangan khawatir, diet turun berat badan jauh lebih mudah dibanding naik berat badan).Ingin turun berat badan dengan benar?

Buang isi kulkas yang tidak sehat, softdrink, minuman ber-gula, snack dan alkohol, mentega, sirup dan  mie instant. Hiduplah ditengah lingkungan yang sehat. Isi kulkas dengan buah , sayur, oatmeal / gandum. Camilan diganti dengan sayur dan buah. Saat diet pada saat malam hari biasanya bangun tidur dan sangat lapar. Bila sudah tidak bisa ditahan makan pisang atau oatmeal sebagai pengganjal perut direkomendasikan ( Ingat makanan sehat memang sebagian tidak enak – pertahankan motivasi anda, hanya 3 bulan maximal 6 bulan dari semua umur anda). Lingkungan dengan makanan yang sehat secara perlahan akan merubah cara pandang terhadap makanan. Anda akan lebih menghargai makanan sehat.

 

 Shake Sangat Sehat untuk membantu diet turun berat badan anda

 

 

tags: , , , , ,