Google+ Cara Terbaik Menghitung Kalori Harian Yang Kita Makan

Cara Terbaik Menghitung Kalori Harian Yang Kita Makan

Monday, January 21st 2013. | Cara Diet dan Cara Langsing
Share Button

Pertanyaan penting yang banyak ditanyakan orang Bagaimana kah cara terbaik untuk menentukan hitungan diet saya :

  • Apakah dengan persentase (contoh : 40% karbo, 30% lemak, 30% protein) atau
  • Dalam gram (contoh : lemak- 50 gram, karbo-230 gram, protein-30 gram)

Jika anda mengkonsumsi kalori terlalu banyak, anda akan gemuk, jika konsumsi kalori anda terlalu kecil, maka massa otot tidak akan bertambah. Cara terbaik sebenarnya bukan dengan menghitung secara persentase. Yang benar adalah dengan menghitung secara gram. Hal ini karena memudahkan  anda untuk menghitung secara pasti berapa asupan kalori total yang anda konsumsi.

1 Gram protein dan karbohidrat terdiri dari 4 kalori

1 Gram Lemak terdiri dari 9 kalori

Jika anda menghitung menggunakan hitungan persen, anda akan susah menghitung berapa kalori yang anda konsumsi. Karena setiap hari tentulah kalori yang anda konsumsi berbeda, sehingga penentuan dalam persen menjadi lebih sulit.

Gunakan Hukum 75 untuk mencukupi kebutuhan Protein, Karbohidrat, dan Lemak anda.

Protein

 

Bagian terpenting dalam program penurunan berat badan adalah bagaimana lemak terbakar secara efektif.Untuk mempercepat proses metabollisme dan pembentukan massa otot, konsumsi protein memegang peranan yang sangat penting. Konsumsilah 0,75 gram protein untuk tiap 0,5 kg berat badan. Protein bisa didapat dari konsumsi protein powder (lebih mudah untuk mengukur kalori yang anda makan), dada ayam tanpa lemak (dikukus – tidak digoreng), putih telur dan makanan lainnya yang mengandung protein tinggi.

Karbohidrat

Berapakah konsumsi karbohidrat yang anda perlukan sebagai konsumsi harian yang benar?  Maximal 0,75 gram untuk tiap 0,5 kg berat badan. Jadi bila berat badan anda 44 kg, maka karbohidrat harian maximum yang boleh dimakan adalah 66 gram. Jadi konsumsi dibawah 66 gram malah lebih baik.  Bagaimana membakar karbo yang kita makan ini.  Gunakan 50% nya sebelum olahraga dan sisanya untuk aktifitas harian anda.

Lemak

Konsumsilah 0,75 gram lemak untuk tiap 0,5 kg berat badan. Karena 1 gram lemak terdiri dari 9 kalori maka hitungan kalori total tentulah berbeda

 

Sekarang mari kita ambil contoh kebutuhan harian kalori yang anda perlukan. Sebagai contoh seorang wanita dengan berat 50 kg, maka kalori yang dibutuhkan adalah :

(50 kg : 0,5 )  x 0.75 = 75 gram = 75 gram x 4 kalori = 300 kalori dari protein

(50 kg : 0,5 )  x 0.75 = 75 gram = 75 gram x 4 kalori = 300 kalori dari karbohidrat

(50 kg : 0,5 )  x 0.75 = 75 gram = 75 gram x 9 kalori = 675 kalori dari karbohidrat

Jadi kalori total maximal yang dibutuhkan adalah 1.275 kalori.

Ingat ini adalah jumlah kalori maximum yang boleh anda konsumsi. Bila anda bisa mengurangi konsumsi kalori dari jumlah ini, maka anda lebih mudah untuk turun berat badan. Dan bila anda mengkonsumsi kalori lebih banyak, maka anda akan lebih mudah untuk naik berat badan.

tags: ,