Google+ Diet Dan Olahraga Usia 55 Tahun Keatas

Diet Dan Olahraga Usia 55 Tahun Keatas

Sunday, April 21st 2013. | Cara Diet Lansia
Share Button

Semakin bertambah umur semakin sedikit kalori yang dibutuhkan

Pada usia 55 tahun ke atas , makan yang sehat serta olahraga yang teratur menjadi sangat penting yang harus menjadi bagian dari gaya hidup anda.Makanan yang bernutrisi dan olahraga teratur dapat membantu anda tetap sehat baik secara fisik maupun mental.Banyak aktifitas yang dapat anda lakukan dan banyak makanan sehat yang dapat anda makan, untuk mendapatkan keuntungan dari keduanya.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), aktifitas fisik dalam taraf medium yang dilakukan setiap hari dapat membantu anda mengurangi resiko terkena jantung, beberapa jenis kanker dan osteoporosis. Resiko untuk penyakit-penyakit tersebut akan meningkat seiring dengan bertambahnya umur anda dan apa yang anda makan – apakah sehat atau tidak- serta aktif tidaknya anda beraktifitas.

Diet Sehat

Semakin anda tua, semakin sedikit kalori yang anda butuhkan, tetapi tetap butuh nutrisi yang tinggi. Makanan diet anda seharusnya termasuk whole grain (seperti gandum,beras merah), buah yang banyak dan sayur-sayuran, ikan, daging unggas dalam jumlah tertentu (tanpa kulit) , kacang-kacang an dan banyak minum air supaya tidak kekurangan cairan. Disamping itu harus menjauhi gorengan / minyak serta gula / makanan yang mengandung gula.

 

Latihan Aerobic

Jalan kaki atau jogging baik untuk lansia

The American College of Sports Medicine (ACSM), merekomendasikan aerobik untuk semua orang, termasuk orang dengan umur 55 tahun ketas,bahkan jika anda mempunyai kondisi kronis tentang suatu penyakit. Aerobic disini bukan dalam pengertian senam aerobic. Aerobic adalah gerakan yang membutuhkan gerakan terus menerus, dalam arti lansia butuh bergerak dan tidak diam. Gerakan erobic ini misalnya jalan kaki, jogging, berenang, bersepeda atau olahraga lain yang membutuhkan gerakan yang terus dan kontinyu.30 menit gerakan aerobic jika bisa dilakukan setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang optimal.Jika tidak bisa beberapa hari dalam seminggu juga bisa. Jalan kaki adalah olahraga yang paling mudah dan mengurangi resiko cedera.

 

Latihan beban

Latihan Beban untuk lansia 55 tahun ke atas

Orang dengan usia 55 tahun atau lebih dapat mendapatkan manfaat dari latihan beban.Otot yang kuat dapat mengurangi resiko dari gejala-gejala arthritis, dan membantu mengontrol berat badan dan dapat membuat anda lebih percaya diri. Latihan beban yang direkomendasikan difokuskan pada beberapa group dari otot-otot tubuh. Latihan beban dilakukan sedikitnya 2x dalam seminggu.Beberapa cara untuk menguatkan otot-otot anda adalah, angkat beban, angkat dumbell dalam ukuran kecil untuk wanita, push up dan pull up.

 

Nutrisi Herbalife Untuk Turun Berat Badan pada lansia

tags: , , , , ,