Google+ Makanan Diet untuk Lansia Usia 56 Tahun

Makanan Diet untuk Lansia Usia 56 Tahun

Saturday, April 20th 2013. | Cara Diet Lansia
Share Button

Seiring dengan bertambahnya umur, tubuh memerlukan makanan dan nutrisi yang berbeda. Perubahan pola makan sangat dipengaruhi oleh faktor keturunan dan penyakit. Merubah makanan anda  sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat mengurangi resiko banyak penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, stroke bahkan osteoporosis. Menurut The International Osteoporosis Foundation, osteoporosis terjadi pada 75 juta orang di Jepang, Eropa dan USA.

Lansia Sehat

Kalsium

Sebagian besar orang mencapai kepadatan tulang paling maximal pada usia diantara 18 dan 25 tahun. Jika pasokan kalsium dari makanan rendah, maka tubuh akan mengambil kalsium yang disimpan di tulang.Hal ini lah yang menjadi penyebab osteoporosis. Kalsium digunakan oleh tubuh untuk membantu pembekuan darah.Konsumsi harian untuk pria dan wanita dengan usia diatas 50 tahun adalah 1200 mg kalsium. Keju, yogurt, susu adalah sumber kalsium yang baik.

 

Protein

Protein sangat penting untuk membangun dan menjaga dan mencegah terjadinya kerusakan otot.Saat anda menginjak umur 50 tahun an, kerusakan pada otot mulai terjadi. Menurut Medical News Today, makanan yang mengandung cukup protein seperti kacang-kacangan, produk olahan dari susu, dan ayam memperlambat proses kerusakan otot. Jumlah yang direkomendasikan dikonsumsi untuk wanita usia 56 tahun adalah 46 gram, sedangkan untuk pria adalah 56 gram.

 

Serat

Susah BAB sering terjadi pada usia tua. Susah BAB bisa jadi karena beberapa faktor,  seperti kurangnya konsumsi air dan kurangnya makanan berserat yang diikuti dengan kurangnya aktifitas fisik, dan pada beberapa kasus sedang mengalami pengobatan. Konsumsi makanan dengan banyak serat wajib dilakukan, karena selain memudahkan BAB juga untuk menekan dan mengurangi kandungan lemak dalam darah, mengontrol gula darah yang pada akhirnya bisa untuk menurunkan berat badan.Konsumsi serat perhari yang di rekomendasikan mayo clinic adalah 30 gram (untuk pria usia 51 tahun) dan 21 gram (untuk wanita diatas usia 51 tahun). Sumber makanan berserat tinggi adalah, sayur-sayuran, kacang-kacang an, dan produk whole grain seperti beras merah atau gandum.

Konsumsi serat yang berlebihan (biasanya sayuran dan buah) bisa menyebabkan perut kembung bahkan diare.Jika ingin sehat konsumsilah fiber dalam jumlah yang wajar dan cukup untuk tubuh.

 

Konsumsi Kalori

Menurut The National Institute of Aging, aktivitas anda akan menentukan seberapa banyak makanan yang seharusnya anda makan.Misalnya :

  • Wanita dengan usia 50 tahun-an dengan hidup yang aktif perlu 2000 sampai dengan 2200 kalori setiap hari.
  • Pria dengan usia diatas 50 tahun dengan hidup yang aktif perlu 2400 sampai dengan 2800 kalori.

Kalori diperlukan untuk bahan bakar energi, dan bila konsumsi kalori anda tinggi, maka kelebihan kalori itu oleh tubuh dirubah menjadi lemak. Dimana bila sering dilakukan akan menuntun anda pada kelebihan berat badan.

Jika anda adalah lansia dengan aktifitas yang tidak aktif, konsumsi kalori anda bisa anda hitung ditautan berikut.

Nutrisi Herbalife Untuk Turun Berat Badan pada lansia

 

tags: , , , ,