Google+ Makanan Diet untuk Wanita Usia 55 Tahun

Makanan Diet untuk Wanita Usia 55 Tahun

Saturday, April 20th 2013. | Cara Diet Lansia
Share Button

Makanan Diet Untuk Wanita usia 55 Tahun

Total energi, protein dan keperluan akan nutrisi yang lain untuk setiap individu bervariasi dan tergantung dari banyak faktor, seperti keadaan kesehatan seseorang, berat badan serta aktifitas fisik. Makanan diet yang optimal untuk wanita usia 55 tahun adalah seimbang antara vitamin, mineral yang makronutrisi lain serta kaya akan serat. Wanita dengan umur 55 tahun harus hati-hati dalam memilih makanan yang kaya akan nutrisi, karena dengan usia tua serta metabolisme yang melambat, maka kalori yang dibutuhkan untuk mempertahankan berat badan tentunya jauh lebih sedikit dibanding wanita dengan usia 25 tahun.

Kesalahan pemilihan jenis makanan membuat kalori yang dikonsumsi terlalu banyak, sehingga akan memperbesar peluang mengalami kenaikan berat badan.

Kalori dan Protein

Menurut The Food and Agricultural Organization (FAO), wanita dengan usia 30 sampai dengan 60 tahun, dengan berat 60 kg, membutuhkan 1900 sampai dengan 2200 untuk mempertahankan berat badan.Sedangkan minimum protein yang dibutuhkan adalah 0,8 gram untuk setiap kg berat badan (0,8 x 60 kg = 48 gram protein minumum setiap hari). Dalam bentuk prosentase, protein yang dibutuhkan adalah 10%  sampai dengan 15% dari total kalori yang dibutuhkan setiap hari.

 

Makronutrisi yang lain

Karbohidrat, karbohidrat  yang boleh dikonsumsi adalah adalah karbohidrat kompleks.Contoh berat merah, dedak, gandum. Karbohidrat  jenis ini akan dicerna lebih lama di saluran pencernakan, dan gula darah akan naik perlahan. Gula darah yang naik pelan, akan menyebabkan pengeluaran insulin oleh tubuh juga sedikit.

55% sampai dengan 65% dari total kalori didapatkan dari  karbohidrat kompleks.  Jika anda mengkonsumsi 1900 kalori sehari, maka karbohidrat yang anda konsumsi adalah antara 260  gr sampai dengan 310 gr setiap hari.

Makanan yang mengandung tinggi serat (fiber) dapat anda konsumsi dari sayur-sayuran dan buah-buah an.Serat sangat bagus untuk sistem pencernakan anda.kebutuhan akan serat adalah 14 gr/1000  kalori atau 25 gr  sd 30 gr setiap hari.

fiber

Total lemak yang dikonsumsi  kurang dari 30% dari total kalori harian, dan sebisa mungkin lemak yang sehat.

Air, minimal dibutuhkan konsumsi air adalah 2,7 liter/hari untuk wanita usia 55 tahun. Konsumsi air  dan fiber yang cukup memudahkan untuk BAB.

 

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral adalah nutrisi yang sangat penting.  Diperlukan jumlah yang benar untuk membuat kesehatan menjadi lebih optimal.

Kalsium dan Vitamin D adalah nutrisi yang paling diperlukan untuk wanita usia 55 tahun. Jumlah kalsium yang direkomendasikan adalah 1200 mg.Dan vitamin D yang direkomendasikan adalah 400 IU.

Sebagai tambahan, bila wanita mengalami menopause, maka wanita usia diatas 50 tahun tidak perlu konsumsu suplemen tambahan yang mengandung zat besi.Dikhawatirkan justru kelebihan zat besi.Pada umumnya wanita telah tercukupi zat besinya dari jenis makanan yang mereka makan.

 

Makanan Sehat yang direkomendasikan

Seorang wanita umur 55 tahun, yang memilih makanan sehat, serta makanan yang tidak diproses (proses masak sederhana, dikukus / dipanggang). Umumnya akan menikmati keuntungan yang ada dan mudah untuk mengontrol berat badannya.

Contoh makanan sehat :

  • Produk olahan susu yang rendah / tanpa lemak.
  • Buah dan Sayur
  • Kacang-kacangan – kedelai, kacang merah
  • Whole grain – misalnya nasi merah
  • Ikan
  • Daging tanpa lemak
  • Salmon, mackerel, tuna
  • Beberapa makanan yang mengandung “lemak sehat” juga bisa dikonsumsi misalnya : almond, biji bijian, minyak zaitun, dan apokat

 

Usia Boleh Tua, Tapi Semangat Untuk Sehat dan Bugar HARUS tetap MUDA

Usia Boleh Tua, Tapi Semangat Untuk Sehat dan Bugar HARUS tetap MUDA

 

Nutrisi Herbalife Untuk Turun Berat Badan pada lansia

tags: , , , ,