Google+ MAKANAN UNTUK IBU MENYUSUI DAN PANTANGAN MAKANAN IBU MENYUSUI

Makanan Untuk Ibu Menyusui dan Pantangan Makanan Ibu Menyusui

Thursday, November 15th 2012. | Diet Ibu Hamil Dan Menyusui - Anak Dan Balita
Share Button

Makanan Untuk Ibu Menyusui dan Pantangan Makanan Ibu Menyusui

Ibu yang menyusui membutuhkan makanan ekstra. Untuk memproduksi 600 – 800 ml ASI per hari, diperlukan tambahan kalori sebanyak 500 kkal. Bila tidak diimbangi peningkatan makanan serta nutrisi, sumber kalori tersebut diambil dari tubuh ibunya sehingga membahayakan status gizi ibu dan bayinya.Bila hal ini yang terjadi, maka baik ibu maupun bayi terkena malnutrisi yang berakibat sakit bagi ibu dan bayi.

ibu menyusui, cara langsing, cara diet

Kalori sebanyak 500 kkal dapat diperoleh dari menambah porsi makanan dan camilan. Makanan disini dalam arti bukan jumlah secara besar tapi terukur baik jumlah dan nutrisinya. Bila terlalu banyak makanan tinggi karbohidrat dan camilan yang masuk, ibu bisa mengalami obesitas yang berbahaya bagi kesehatan ibu sendiri.

Makanan Untuk Ibu Menyusui

  1. Perbanyak waktu makan, bila biasanya 3x tambah 4x-5x dengan penambahan kira-kira 500 kkal dari porsi harian.Untuk daftar makanan kalori harian bisa dilihat disini.
  2. Minum air putih yang cukup. Ibu menyusui cenderung untuk merasa cepat haus karena sebagian air yang diminum dipakai tubuh untuk memproduksi ASI (87% kandungan ASI adalah air). Minum sedikitnya 2 liter air. Selain air putih, susu dan buah juga dapat menjadi sumber cairan. Air seni ibu hamil yang cukup minum berwarna kuning muda.
  3. Perbanyak makanan yang kaya protein dan kalsium, misalnya daging, ikan, susu serta buah-buahan tinggi vitamin c, zinc dan kalsium. Di Herbalife Shake Formula 1 semua kebutuhan nilai nutrisi sudah terpenuhi.
  4. Cukup Zat besi agar ibu tidak menderita anemia. Zat besi terdapat pada sayur bayam, kangkung dan katuk. Katuk merupakan sayuran spesial bagi ibu menyusui, karena dalam 100g daun katuk terdapat sekitar 2.7 mg zat besi dan 204 mg kalsium.
  5. Kurangi karbohidrat dari nasi. Ganti dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah. Tubuh anda secara perlahan akan susut, tetapi produksi ASI tetap lancar.

makanan untuk ibu menyusui

Berikut adalah Pantangan Menyusui

  1. Rokok
  2. Alkohol
  3. Kopi, kurangi kafein semaksimal mungkin. Selain kopi, kafein juga terdapat pada coklat, teh, beberapa jenis minuman ringan dan obat.Jadi air putiih adalah yang terbaik.
  4. Bila buah hati mengalami alergi, hentikan makanan yang anda konsumsi sebelumnya
  5. Jangan minum obat pada saat meriang/flu.Konsultasikan dengan dokter. Sebisa mungkin cukup istirahat serta menambah Nutrisi bagi ibu, supaya proses pemulihan bisa cepat.

makanan ibu menyusui