Google+ 12 Cara Tetap Fit Selama Masa-Masa Stress

12 Cara Tetap Fit Selama Masa-Masa Stress

Sunday, February 10th 2013. | Emosi - Makan - dan Diet
Share Button

Seperti yang sudah diulas sebelumnya tentang resiko gemuk selama masa-masa stress , anda harus bisa me-manage stress yang ada dan melakukan banyak hal tentang hidup sehat, supaya anda tidak terjebak dalam respon tubuh yang salah sehingga bukannya anda sehat selama stress, anda justru menumpuk penyakit selama stress. Yang bukannya menyelesaikan masalah, justru menambah masalah dikemudian hari.

Berikut ini ada 12 strategi yang bisa anda lakukan selama masa-masa stress, dan anda tetap bisa keluar sebagai pemenang :

  1.  Lepaskan Perfeksionisme anda,  Manusia pasti mempunyai target, dan  standard level kehidupan. Jika anda dalam masa stress, lepaskan sementara ego anda tentang perfeksionisme anda dalam kehidupan pribadi. Tidak perlu segala sesuatunya harus sempurna seperti yang anda pikir. Fokus pada akar stress, jalankan solusinya dengan sebaik-baiknya.
  2. Paksa diri anda untuk menggunakan APA YANG ADA untuk mengatur solusi dari akar stress. Jika anda berpikir lebih, justru menambah beban anda.
  3. Penuhi target mingguan, bukan target harian. Dengan kondisi stress tinggi, target harian sebagian besar tidak akan terpenuhi. Biarkan target harian, fokus pada yang lebih penting dan hanya pada target mingguan
  4. Rencanakan  kegiatan harian. Dengan selalu ada kegiatan, badan dan otak tidak akan diam. Saat diam sedih dan stress akan datang bersamaan. Jangan sediakan ruang untuk dua hal ini.
  5. Sempatkan untuk olahraga ringan. Misal nya jogging di pagi hari. Udara pagi yang segar dan sirkulasi darah dan hormon akan membawa oksigen yang lebih banyak ke otak, yang membuat anda lebih segar untuk memulai hari.
  6. Jika sempat olahraga dengan angkat beban. Fokus anda pada beban akan membuat anda melupakan sejenak masalah yang ada. Selama olahrga, otak akan lebih rilex. Dan olahraga itu menghibur.
  7. Gunakan tiang telepon atau listrik sebagai tanda interval jika anda sedang lari atau jogging. Fokus otak pada hal lain selama beberapa waktu membuat otak lebih relax, dan bisa membuat anda menemukan solusi dari masalah yang ada dengan cara pandang yang berbeda
  8. Ikut olahraga yang berisi banyak orang, misalnya aerobik atau dance. Teman baru dan Percakapan ringan kadang memberi solusi bagi kondisi stress anda.
  9. Olahraga sebaiknya pilih yang gerakannya tidak monoton, tetapi menggerakkan seluruh bagian tubuh. Seperti senam aerobik
  10. Gunakan interval waktu 10 atau 20 menit setiap sesi dari olahraga anda. Interval yang terlalu panjang membuat badan lebih capek.Yang berakibat pada hilangnya mood untuk olahraga dan membuat beban stress lebih besar. Buat senyaman mungkin selama anda olahraga.
  11. Selalu jaga kesehatan mental bisa dengan berdoa atau lainnya. Badan sehat tidak hanya fisik, mental (pikiran) juga harus sehat.
  12. Jika tidak memungkinkan untuk ke gym. Olahraga bisa dirumah dan gunakan alat yang ada, tidak harus beli alat yang mahal.

Semoga beberapa hal diatas bisa membantu menurunkan level stress anda, dan membuat anda lebih sehat baik secara fisik dan mental. Dan satu lagi yang tidak boleh dilupakan. Kelola pola makan anda menjadi lebih sehat. Jauhi makanan manis, berlemak, garam, kopi dan karbo dalam jumlah banyak. Dengan tubuh yang sehat (karena makan makanan yang sehat dan olahraga) serta mental yang sehat. Segala permasalahan bisa dicarikan solusinya.

Sukses untuk anda.

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,