Google+ Cara Mengendalikan dan Menghentikan Emosi Makan - PENTING !

Cara Mengendalikan dan Menghentikan Emosi Makan – PENTING !

Saturday, April 6th 2013. | Emosi - Makan - dan Diet
Share Button

 

Jika anda YAKIN BISA - Anda PASTI Bisa - Niat - Niat dan Niat

Jika anda YAKIN BISA – Anda PASTI Bisa – Niat – Niat dan Niat

Orang-orang yang makan untuk mengendalikan atau menenangkan perasaan mereka adalah pemakan emosional. Beberapa pemakan emosional beralih ke makanan ketika sedih atau tertekan, sedangkan, yang lain beralih ke makanan ketika mereka bosan, senang atau cemas.

The “Psychology Today” mencatat, ketika terjadi emosi makan, biasanya kita tidak terlalu memperhatian. Namun, jika emosi makan ini sering kita lakukan dapat menyebabkan masalah lain, termasuk gangguan makan.

Jika Anda sudah “terjebak” ke dalam kategori pemakan emosional, Anda mungkin merasa sulit untuk menjaga berat badan Anda terkendali. Namun, bukan tidak mungkin emosi makan bisa dihentikan dan dikendalikan.

Faktor penyebab Makan Tapi Tidak Lapar (Emosi Makan - Makan karena kondisi emosional)

 

Langkah 1

Mencatat membuat anda mengetahui pola "mengapa anda makan"

Catatan adalah bagian paling penting tapi tidak setiap orang mau melakukan.Cara ini mudah dan Murah, tapi bisa menjadi kunci anda untuk membantu turun berat badan.Buat jurnal atau catatan emosi anda sepanjang hari, untuk membantu anda menentukan pemicu emosi anda, yang membuat anda makan. Jika anda ingin makan tapi tidak sangat lapar, buka jurnal dan tulis emosi dan latar belakang anda merasakan emosi tersebut.

Lakukan selama 7 hari.

Buka dan evaluasi, apa saja penyebab anda makan – selain rasa lapar yang sebenarnya.

Bila sudah mengetahui polanya, perbaiki pola makan anda untuk minggu berikutnya, dan tetap tulis di jurnal anda untuk minggu itu tentang emosi dan makan anda. Demikian seterusnya sampai 1 bulan.

Pola tiap minggu berbeda, dalam 1 bulan biasanya diperoleh pola yang permanen, Misalnya , anda makan karena anda bosan, karena sering sendiri dirumah.Alternatifnya join dengan kegiatan olahraga atau kegiatan lain yang bisa membuang kebosanan anda.

 

Langkah 2

mengepel lantai membuat anda melupakan "rasa ingin makan"

Tetap sibuk ketika Anda merasa emosi yang mengarah pada makan. Berjalan-jalan di sekitar blok, cat kuku kaki Anda, membaca bab dalam sebuah buku, mengepel lantai, atau kegiatan yang membantu Anda untuk tetap sibuk. Tetap sibuk selama setidaknya lima menit, direkomendasikan “Konsep Psikologi & Connections” oleh Spencer A. Rathus.

 

Langkah 3

Jadwal makan - harus disiplin

 

Rencanakan makanan Anda dan tetap berpegang pada jadwal Anda. Ada dua cara utama Anda dapat menjadwalkan makanan Anda.

  • Anda dapat menjadwalkan sarapan, makan siang, snack dan makan malam.
  • Atau, Anda dapat merencanakan untuk makan makanan kecil setiap dua sampai tiga jam. Cobalah kedua metode untuk menentukan mana yang terbaik untuk Anda.

 

Langkah 4

buang makanan tidak sehat dari rumah anda selama anda diet

Membeli makanan ringan yang sehat, seperti buah-buahan.MayoClinic.com merekomendasikan menghapus semua pilihan makanan tidak sehat dari rumah Anda. Snack,  akan membuat Anda merasakan dorongan yang sangat kuat untuk makan, tetapi jika dorongan makan ada padahal belum saatnya makan, buatlah sibuk diri anda. Pikiran yang teralihkan adalah cara mujarab untuk melawan masuknya kalori yang tidak kita butuhkan.

Jika anda menentukan bahwa anda akan diet, jangan tunda-tunda waktunya, dan buang semua makanan tidak sehat, termasuk bahan – bahan makanan yang membuat kita tergoda untuk memasaknya.

Contoh :

Mie instant, selama mie instant ada didapur serta ada sedikit snack di kulkas, diet anda tidak akan sukses.Mengapa?

Saat anda lapar (emosi makan), anda akan buat mie instant jika tidak ada snack, jika ada sedikit snack anda pasti makan, jika snack habis – secara tidak sadar saat di supermarket anda pasti beli snack pengganti. Emosi makan sangat susah dilawan, padahal ini adalah kunci anda untuk mengendalikan diet dan berat badan anda.

Cara extreem terkadang harus dilakukan. Langsung buang!

Buang mie instant (kalau sayang bisa diberikan ke orang lain), buang semua tepung – bahan kue, buang snack, buang kentang goreng. Saat anda membuang semua, ganti dengan makanan sehat, misalnya :

  • Buah, pisang – kedondong – apel – bengkoang – dan buah apapun yang tidak terlalu manis
  • Oatmeal
  • Sayur – sayur an / sayur untuk sop
  • Daging sapi / daging ayam – semua tanpa lemak dalam jumlah kecil
sop kubis untuk diet
sop untuk diet - banyak sayur - sangat sedikit kaldu dan lemak

Buah yang banyak airnya akan membantu saat anda “kalap”. Saat emosi tidak terkendali yang di inginkan adalah MENGUNYAH, makan buah dan sayur banyak akan membuat anda cepat kenyang. Sayur / bahan sop bisa anda tambahkan dengan ayam/daging tanpa lemak (untuk diambil sedikit kaldu).

Sayur dan sop yang anda masak sendiri bisa anda kendalikan kandungan garam dan kalorinya dan lemaknya. Makan banyak sup bisa membuat anda cepat kenyang (dengan sedikit kaldu alami sebagai perasa gurih). Jangan menggunakan bumbu buatan, karena mengandung banyak garam yang tidak baik untuk sistem pembuluh darah anda. Untuk sop isi dengan wortel dan sayuran lain yang banyak, untuk daging dan kaldu sedikit saja, Yang anda butuhkan adalah rasa kenyang dengan sesedikit mungkin kalori.

 

Langkah 5

olahraga selain membakar kalori juga menghasilkan endorphins untuk meng-rem nafsu makan anda

Olahraga secara rutin. Olahraga menyebabkan tubuh melepaskan serotonin dan endorphins. Telah diketahui saat serotonin rendah menyebabkan keinganan makan meningkat – terutama karbohidrat. Padahal konsumsi karbohidrat yang berlebih membuat anda cepat sekali gemuk. Endorphins membuat anda nyaman dan tenang.

Manfaat olahraga sangat besar untuk kesehatan sebagai penopang diet anda, karena bisa membuat anda rilex dan bisa menekan nafsu makan anda.

Jadi olahraga bukan hanya sekedar membakar kalori, tapi juga mengendalikan kondisi kejiwaan anda, saat anda mudah makan tapi tidak lapar (emosi makan)

 

Langkah 6

Jika langkah 1 – 5 sudah anda lakukan dengan benar, tetapi anda tidak bisa lepas dari emosi makan, anda harus menghubungi dokter atau psikolog untuk penanganan selanjutnya.

dokter

Pada banyak kasus, langkah 1-5 cukup efektif untuk menekan nafsu makan yang berlebihan. Diawal diet pasti susah, terutama anda yang sangat senang dengan camilan. Tapi jika anda bisa disiplin 7 hari, hari-hari berikutnya akan lebih mudah bagi anda untuk mengendalikan diri anda dari emosi makan. Meskipun pada kenyataannya pasti ada “lubang-lubang kesalahan” selama anda diet. Tapi jangan putus ada.

Kemampuan anda untuk mengendalikan emosi makan bisa menjadi suatu keahlian yang bisa anda pegang selamanya (dan ini efeknya sangat bagus buat kesehatan anda sampai tua). Bahkan bisa anda ajarkan untuk menolong orang lain yangmengalami kasus seperti ini.

  • Diet alami butuh kerja keras, semangat tinggi dan kesabaran luar biasa serta konsisten.
  • Anda yang lulus akan mendapat tubuh yang tidak hanya langsing tapi sehat luar dalam (baik mental maupun tubuh).
  • Saat anda mencapai ini – kebahagiaan luar biasa akan anda rasakan  dan tidak terkatakan.

Selamat berjuang !

Anda Pasti Bisa ! Lansing - Sehat dan Jauh dari Penyakit