Google+ Makanan Kolesterol Tinggi Yang Harus Dihindari

Makanan Kolesterol Tinggi Yang Harus Dihindari

Thursday, November 15th 2012. | Kolesterol dan Jantung
Share Button

Berikut adalan  makanan kolesterol tinggi yang harus dihindari :

 

  • Segala macam Telur
  • (ayam, bebek, puyuh). Yang paling banyak mengandung kolesterol adalah bagian kuning telurnya. Yang Paling jahat dari semua kunig telur adalah telur puyuh, berikutnya telur bebek berikutnya lagi telur ayam. Telur puyuh bentuknya kecil, rasanya enak apalagi kalau dimasak pindang dan ditusuk pakai sate.Tetapi ingat 1 butir telur puyuh kalorinya 1,5x telur ayam. Lalu apakah telur ayam boleh dikonsumsi ? Boleh tetapi ada aturannya. Menurut kebiasaan orang korea 1 hari hanya boleh makan 1 telur dan itupun tidak setiap hari. Hindari makan telur bila kolesterol anda tinggi. Penjelasan tentang telur ada di penjelasan dibawah.
  • Segala makanan Cepat Saji

    . Makanan cepat saji disebut JUNK FOOD bukan tanpa alasan. Lemak dari ayam ditambah dengan lemak trans dari minyak yang dipanaskan sangat tinggi sangat berabahaya bagi kesehatan kolesterol anda. Hal ini belum diperparah bila anda memesan Minuman manis bersoda dan Kentang Goreng. Lengkap sudah kolesterol jahat yang masuk tubuh anda.

  • Keju, margarin, mentega dan segala produk olahannya dilarang untuk anda, termasuk segala macam roti dan segala masakan italia berkeju seperti pizza, lasagna yang sudah umum kita temui di kota-kota besar
  • makanan kolesterol tinggi
  • Es krim.

    Kandungan lemak dalam es krim lebih tinggi dari hamburger dan donat.

  • Iga sapi

    Lemak dalam iga sapi sangat tinggi. Apalagi jika dalam pengolahannya ditambahkan santan. Anda harus membatasi konsumsinya. Bila anda ingin makan iga sapi, selama proses memasak, buang beberapa kali kaldu sampai kaldu bening. Baru dimasak panggang. Usahakan jangan di goreng

  • Seafood

    Jenis yang LDL nya tinggi adalah cumi-cumi, lobster, udang, kepiting, dan kerang. Kurangi seafood jenis ini bahkan HENTIKAN bila kolesterol anda tinggi. Cari seafood jenis ikan yang kaya omega 3, seperti Tuna dan Tengiri. Tuna dipasar murah, tidak semahal yang kita kira, sangat baik untuk dikonsumsi anda yang mengalami kolesterol tinggi. Usahakan dimasak panggang/dipepes/ dipanggang dengan happy call (kalau saya pakai cara ini :) )

  • Bebek orang & Ayam goreng

    Bebek mempunyai kandungan kolesterol sangat tinggi demikian juga ayam baik itu ayam pedaging atau ayam negri. Bila ingin makan bebek dan ayam, kukus dan siram air panas beberapa kali sampai kandungan lemak turun, dan buang kaldunya. Memang tidak segurih bila dimasak langsung tetapi ini lah cara terbaik bila anda ingin bebek tetapi kolesterol tinggi. Bila bisa BERHENTI dulu konsumsi segala macam unggas baik yang digoreng/dipanggang.

  • Hati sapi

    Apalagi yang dalam pengolahannya mempergunakan banyak santan. 3 ons hati sapi mengandung 331 mg kolesterol.

  • Snack pabrikan

    yang mengandung lemak trans, misalnya kripik kentang, kukis, dan krakers.Snack pabrikan juga mengansung garam dalam jumlah tinggi. Garam mengikat lemak diperut, membuat anda gampang gemuk dan gampang buncit. Berhenti total dari snack pabrikan.Ganti camilan anda dengan buah, tidak harus yang mahal. Cari buah yang pada saat itu musimnya, bisanya murah.snack

  • DURIAN

    Enak rasanya tinggi kolesterolnya bahaya akitabnya. Stop durian jika anda ingin sembuh.

 

Hindari makanan diatas. Lakukan gaya hidup sehat, dan jangan kembali pada pola hidup lama anda yang tidak teratur dalam waktu makan serta konsumsi makanan. Biasakan melihat label kalori dan lemak supaya kita bisa membatasi diri secara otomatis bila makanan yang kita makan ternyata tidak sehat.

 

 Kuning Telur dan Akibatnya

kuning telur

Kuning telur yang kaya akan nutrisi, ternyata jika dikonsumsi secara rutin mempunyai efek buruk bagi kesehatan jantung. Peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kuning telur dapat mempercepat penyakit arteri koroner atau aterosklerosis.

Dalam sebuah penelitian di London Health Science Center University Hospital, dijelaskan, kuning telur pada akhirnya merusak pembuluh darah. Karena kolesterol pada kuning telur dapat menyumbat arteri karotis yang menyuplai darah ke area leher dan kepala.

Menurut David Spence, ahli neurologi dari Western Ontario University, Kanada, yang merupakan bagian dari tim peneliti, ini bisa meningkatkan risiko terjadinya stroke. Riset Spence dan timnya mengumpulkan sekitar 1.200 responden, perempuan dan laki-laki dengan usia rata-rata 61,5 tahun, yang terkait penyakit jantung.

Peneliti menggunakan ultrasound untuk mendeteksi jumlah plak di dalam arteri responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi satu butir kuning telur per hari sudah melebihi batas asupan kolesterol harian yang dianjurkan.

“Maka orang yang mengonsumsi lebih dari tiga butir telur atau lebih dalam seminggu menumpuk kolesterol dalam pembuluh darahnya, sementara tingginya asupan kolesterol meningkatkan pula risiko gangguan kardiovaskular,” ungkap Spence.

Ia menambahkan, efek konsumsi kuning telur dari waktu ke waktu pada peningkatan plak di arteri tidak tergantung dari jenis kelamin, kolesterol, tekanan darah, kebiasaan merokok, indeks massa tubuh, serta apakah seseorang penyandang diabetes.

Konsumsi telur boleh tetapi harus terukur dengan kesehatan anda.

tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,