Google+ Cara Turun Berat Badan Dengan Bersepeda

Cara Turun Berat Badan Dengan Bersepeda

Wednesday, February 20th 2013. | Sepeda
Share Button

Jika anda mengalami kelebihan berat badan dan menyukai kegiatan bersepeda, berikut ini berupakan berita baik untuk anda .Bersepeda merupakan jenis olahraga yang membutuhkan baik ketahanan cardiovascular dan ketahanan otot.Ketahanan otot didapat dari banyaknya gerakan yang berulang selama jangka waktu tertentu. Hal ini menurut website Sports Fitness Advisor. Tetapi jika anda mengalami kelebihan berat badan dan berniat menurunkannya dengan bersepeda, tidak bisa dilakukan hanya dengan bersepeda sedangkan pola hidup anda tetap yang lama dan tidak sehat. Anda harus melakukan beberapa perubahan dalam hidup anda.

Bersepeda itu sehat

Bersepeda itu sehat

Sehingga diharapkan dengan perubahan pola makan, hidup sehat dan bersepeda anda bisa turun berat badan dengan sukses.

Langkah 1

Hitung kalori yang masuk dalam sehari. Kurangi 500 kalori sampai dengna 1000 kalori dari kalori harian anda (baik dari makanan maupun dari minuman). Ini akan membuat anda bisa turun 1/2 – 2 kg setiap minggu, menurut National Institutes of Health.

 

 Langkah 2

Rubah cara dan pola makan anda. Ganti dengan kebiasaan baru. Berhenti makan, gorengan, keju, pepperoni pizza, donat, dan makanan yang lain yang mengandung lemak tinggi , garam dan gula.Pilih makanan yang mempunyai tinggi nutrisi seperti daging tanpa lemak, kacang-kacang an, biji-bijian, buah dan sayur.

 

Langkah 3

Percepat metabolisme dan jaga rasa lapar dengan memakan makanan kecil. Makan makanan kecil ketika anda bangun tidur dan makan makanan kecil (pilih yang rendah kalori atau karbo dengan glikemik indeks rendah) setiap 2 atau 3 jam sekali. Setiap kali makan pilih dalam porsi yang seimbang antara karbohidrat kompleks dan protein (misalnya : kentang, daging 1 iris kecil, dan 1 apel).

 

Langkah 4

Banyak minum air putih dan hindari alkohol. Anda yang senang dengan alkohol sama dengan memasukkan kalori dalam jumlah besar ke tubuh anda. Hal ini membuat berat badan anda akan sulit untuk turun. Sebisa mungkin berhenti semua minuman bersoda, dan semua minuman pabrik apalagi yang manis – meskipun itu di iklankan sebagai minuman penambah tenaga.

 

Langkah 5

Pilih jenis olahraga kardiovascular (apa jenisnya tidak terlalu penting, misalnya lari, jogging, lari marathon, bersepeda). Yang penting detak jantung anda meningkat. Menurut The American College of Sports Medicine merekomendasikan 60 to sampai 90 menit olahraga kardio, 5x seminggu, untuk mempercepat turun berat badan.

 

 

Langkah 6

Untuk meningkatkan performa otot anda, anda bisa olahraga untuk membentuk otot. Otot adalah jaringan metabolic aktif yang akan membantu anda membakar kalori lebih banyak yang akan mempercepat turun berat badan anda. Jaringan otot tetap aktif dan membakar kalori meskipun anda sedang istirahat. Jadi sangat penting anda ketahui dengan massa otot yang besar, anda akan membakar kalori lebih banyak, bahkan ketika sedang tidur. Tambah 1,5 kg massa otot di tubuh anda, dan anda akan membakar 630 sampai dengan 1050 extra kalori setiap minggu, seperti yang diungkapkan niversity of Michigan Health System.

Lakukan latihan yang mentargetkan semua kelompok dari otot.Misalnya otot dada, otot punggung, bisep, trisep. Lakukan 10 sampai 20 pengulangan setiap sesi. Dan lakukan 3 sampai 4 set. Serta lakukan 2 atau 3x selama seminggu.

Tips 

Untuk turun berat badan dengan menjadi pesepeda sangat baik untuk kesehatan sistem cardio anda. Pilih sadel yang sesuai dengan berat badan anda. Saat anda gemuk jangan pilih sadel yang pipih karena akan sangat tidak nyaman dipakai untuk jangka waktu lama. Pilih sadel yang pas dan nyaman, serta pilih rute yang datar selama awal latihan dan jangan dipaksa untuk rute panjang.  Olahraga kardio dengan bersepeda akan sangat capek bila anda memaksa untuk langsung menggunakan track yang panjang.